e-Mail bikin hidup lebih mobile

Oleh : Andri Indrawan

E-mail atau surat elektronis merupakan suatu solusi alternative dari teknologi informasi bagi dunia untuk melakukan aktivitas di bidang komunikasi jarak jauh yang menawarkan kemudahan dan keuntungan dari segi kegunaan dan kemampuannya yang seolah-olah tidak lagi dibatasi oleh jarak dan waktu.Sebagaimana kita mengetahuinya, surat konvensional merupakan salah satu alat komunikasi yang senantiasa dipakai oleh umat manusia sejak dahulu kala dalam melakukan komunikasi dengan seseorang yang bertempat tinggal yang cukup jauh dari dirinya, hal ini merupakan teknologi yang efektif pada waktu itu (sebelum ditemukannya alat telegraf dan telepon).Namun kendala waktu yang dibutuhkan oleh surat via pos tersebut merupakan permasalahan tersendiri. Kemajuan teknologi telah membawa manusia dari surat kovensional/ via pos dalam melakukan distance of communication (komunikasi jarak jauh) ke komunikasi jarak jauh yang memamfaatkan sinyal analog dari jalur kabel yaitu telegraf hingga ke pesawat telepon. Untuk kedua hal barusan tersebut kendala akan waktu sudah tidak menjadi permasalahan lagi. Kini kemajuan teknologi lebih menghebohkan lagi, selain kendala waktu dapat diatasi dengan lebih baik dari segi kemampuan dan kefleksibelan komunikasi jarak jauh dapat kita katakan lebih canggih.

Kemajuan itu dapat kita lihat setidaknya dari adanya teleconference, sms, mms, chatting dan e-mail sebagai alternative alat yang digunakan dalam berkomunikasi jarak jauh. Dalam kesempatan ini kita akan membahas e-mail sebagai alat komunikasi jarak jauh, mulai dari apa itu e-mail ? hingga bagaimana cara menggunakannya.

E-mail (Electronic Mail) adalah metoda dalam surat-menyurat yang menggunakan teknologi internet sebagai medianya. Isi suatu surat elektronis/ e-mail dapat berupa teks, audio, video, grafis dan animasi.Adapun kegunaan dari e-mail jika dibandingkan dengan surat via pos adalah sebagai berikut :a. Berita dari email dapat langsung diterima dari pengirim langsung ke penerima dengan jeda waktu per sekian detik.b. Bila kita ada dalam perjalanan, dari manapun kita dapat mengirim dan mengambil email dari kotak pos elektronik kita.c. Kita dapat mengririmkan email ke penerima baik itu untuk satu orang atau lebih secara bersamaan di berbagai belahan dunia dengan biaya murah dan cepat.Untuk dapat bekerja dengan email kita sebelumnya harus memiliki akses ke salah satu provider yang menyediakan pelayanan email, user agent (dapat diandaikan dengan kotak pos eletronik) yang dapat kita gunakan sebagai provider ialah diantaranya www.yahoo.com, www.gmail.com , www.hotmail.com, www.mailcity.com, dan lain-lain. Dalam melakukan kegiatan pengiriman dan penerimaan email, kita akan dihadapkan oleh aturan pernulisan alamat DNS (domain name system) sebagai berikut: pengguna@alamat DNS contoh dimassantosa@yahoo.co.id. Penulisan teks di “pengguna” tidak dibolehkan mengandung beberapa karakter khusus seperti “-“, “@” dan “ “ /spasi.

4 Responses

  1. Kok Pake email gua sich, dri !…
    Kecewa Kita!!

  2. lo bukannya bangga kalo gua publikasiin email elo…
    bukannya eelo kepengen jadi superstrart???/

    minimalnya kan email elo dulu yang nge-start…
    e…he..e…he…^_^

  3. ga ad email yang bagus skarang ney..

  4. apa kerugian tenteng email untuk hidup kita………………..?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: