Jaringan Telekomunikasi dalam Masyarakat Informasi Berbasiskan Rakyat kah?

Oleh : Andri Indrawan

Jaringan telekomunikasi merupakan sistem infrastruktur dari teknologi informasi secara keseluruhan. Sedangkan masyarakat informasi adalah masyarakat yang memiliki gaya hidup yang memanfaatkan jaringan telekomunikasi sebagai basis dari media yang digunakan dalam melakukan komunikasi dengan siapapun, dimanapun dan kapan pun. Unsur dari masyarakat informasi itu minimal adalah Infrastruktur jaringan telekomunikasi pita lebar yang harganya terjangkau oleh masyarakat, Masyarakat pemakai dan penyedia informasi, Sumberdaya-sumberdaya manusia terampil dalam teknologi informasi yang demikian besar varian- nya, Industri-industri teknologi informasi yang demikian beragam dan sangat luas, dan Otoritas (regulator) yang mengatur tentang teknologi informasi dan bersifat sebagai katalisator yang efisien. Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah: Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting Akses informasi: contohnya web browsing

Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Klasifikasi Jaringan Komputer Berdasarkan skala Local Area Network (LAN) (Metropolitant Area Network) (MAN) Wide Area Network (WAN) Berdasarkan fungsi Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer: Client-server

Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti http://www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu computer yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya.

Peer-to-peer

Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.

Thin Server Yaitu jaringan computer peer-to-peer yang ditambahi appliance, sehingga memberikan sebagian kemampuan jaringan client/server ke jaringan peer-to-peer. Kombinasi Yaitu jaringan computer peer-to-peer dan client/server. Memiliki kemampuan, ketika server mati, computer yang hidup tetap bisa saling berkomunikasi secara peer-to-peer. Berdasarkan topologi jaringan Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas: Topologi bus ( bus network) Topologi bintang ( star network) Topologi cincin ( ring network) Hierarchical/ tree network Loop network Web network Meta network Dalam sebuah jaringan komputer biasanya terhubung banyak komputer ke sebuah atau beberapa server. Server adalah komputer yang difungsikan sebagai “pelayan” pengiriman data dan atau penerimaan data serta mengatur pengiriman dan penerimaan data diantara komputer-komputer yang tersambung. Fungsi pelayanan ini dimungkin oleh adanya penggunaan perangkat lunak khusus untuk server. Perangkat lunak yang dulu dikenal antara lain Xenix dari IBM, UNIX, Novell dan Microsoft Windows 3.11 dan beberapa merk lainnya. Saat ini yang umum dipergunakan orang adalah perangkat lunak Novell dan Windows NT dari jenis-jenis keluaran terbaru yang memiliki kompatibilitas dengan jaringan internet. Kompatibilitas ini atau kecocokan ini dimungkinkan oleh karena perusahaan produsennya telah mengembangkan produknya dengan menambahkan sistem TCP/IP. Sistem TCP/IP dipergunakan dalam jaringan internet sebagai sistem pengiriman meta data dan pengontrolannya.Secara fisik, jaringan komputer merupakan komputer yang dihubungkan dengan kabel data. Ada beragam jenis kabel data yang dibuat untuk penggunaan tertentu seperti kabel RG 58 untuk didalam ruangan, dapat juga mempergunakan kabel UTP. Untuk hubungan jaringan komputer antar gedung dapat dipergunakan kabel RG8 atau yang dikenal sebagai kabel backbone. Apabila anda membangun jairngan komputer antar gedung sebaiknya memperhatikan keamanannya dari gangguan petir.Model penyambungan antara komputer didalam sebuah jaringan komputer juga ada beberapa macam yang secara umum ada 3 buah model yaitu : Model BUS, dimana komputer dan server dihubungkan pada sebuah kabel saja secara berderet. ujung-ujung kabel data diberi komponen elektronik yang disebut terminator, yaitu semacam resistor terbungkus logam dengan nilai tahanan sebesar 50 ohm. Model Star, dalam model ini dipergunakan alat tambahan yang disebut hub sebagai penghubungnya. Hub memiliki lubang konektor sejumlah tertentu, ada yang memiliki 8 buah lubang koneksi (disebut port), 12 port atau 16 port dan 24 port. Kabel data dari masing-masing komputer atau server dihubungkan pada alat ini. Model Token Ring, dalam hubungan komputer model ini, kabel penghubung antar komputer dibuat seperti lingkaran (ring). Komputer yang dihubungkan secara berderet pada sebuah kabel data kemudian ujung satu dan ujung satunya lagi dari kabel tersebut dihubungkan.

Ketiga model tersebut dapat dibuat berdiri sendiri atau dalam jaringan yang besar dapat juga digabungkan sesuai dengan kondisi setempat dan rencana penggunaannya.

Komunikasi data antara komputer tersebut dilakukan oleh protokol komunikasi data. Ada beberapa jenis protokol seperti ipx/spx, netbeui, tcp/ip dan protocol-protokol lainnya. Dalam jaringan komputer yang terhubung ke internet, server memiliki beberapa fungsi. Yang umum dibuat adalah gateway (gerbang), web server (untuk penyimpanan homepage atau web site), mail server (untuk pelayanan elektronik mail). Dalam penggunaan khusus, sering juga dibuat proxy server, cache server, firewall server atau name server dan router.

Namun kesemua hal diatas menjadi kurang berarti jikalau dalam melakukan akses terhadap jaringan telekomunikasi merupakan suatu hal yang ekspansif, bagaimana hal ini dapat dijangkau oleh kalangan masyarakat menengah kebawah?

Dalam sebuah aritkelnya Pak Onno W. Purbo memapaparkan paradigma dasar sebuah jaringan telekomunikasi berbasiskan rakyat, semua infrastruktur tidak di operasikan oleh oprator atas ijin pemerintah, akan tetapi betul-betul di operasikan oleh rakyat, untuk rakyat dan murah bagi rakyat (masyarakat kelas menengah ke bawah). Bagaimanakah hal ini terjadi?

Sebetulnya sangat sederhana sekali, komponen dasar sebuah jaringan telekomunikasi rakyat yang dimaksud hanya mengandalkan hal berikut:

  • Internet (seperti Internet kita sekarang)
  • Peralatan wireless Internet, untuk membypass jaringan kabel Telkom.
  • Internet Telepon Gateway
  • PABX
  • Saluran telepon biasa terkait ke PABX dalam RT/RW / di kantor

Ilmu tentang hal ini sangat terbuka di Internet & dapat di peroleh secara gratis di http://www.bogor.net/idkf atau melalui mailing list indowli@yahoogroups.com. Software gatekeeper yang mensupport kontruksi akses internet ini dapat di peroleh dengan gratis, termasuk source code-nya, dari http://www.gnugk.org.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: