MEDIA PEMBELAJARAN BERBASISKAN CAI

Problematika dunia pendidikan saat ini masih berkutat diantara pemerataan dan peningkatan akan akses pendidikan bagi khalayak banyak. Dewasa ini ramai masyarakat dunia mulai menerapakan ICT (Information and Communication of Teknologi) kedalam segala sektor kehidupan secara integral, Indonesia sebagai bagian dari masyrakat dunia ikut secara aktif akan perkembangan itu hal ini dapat kita lihat dengan dimulainya beberapa sektor kehidupan bangsa yang mulai memanfaatkan keberadaan ICT khususnya sektor pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu sektor yang menunjang pembangunan bangsa, melalui pendidikanlah ketercapaian akan kecerdasan kehidupan bangsa dapat dilakukan.

Sekolah merupakan salah satu organisasi pendidikan formal yang senantiasa melaksanakan pembelajaran atau sering disebut juga sebagai KBM (Kegiatan Belajar-Mengajar). Untuk peningkatan kualitas pendidikan dan akses terhadapnya salah satu strategi yang mulai dilakukan ialah dengan diadakannya sistem pembelajaran yang memanfaatkan ICT, baik itu e-Learning, Distance Learning, Distance Education, Computer Based Training, Computer Assistance Intruction, Computer Based Intruction, Cybernetic Learning Environment, Desktop Videoconferencing, Integrated Learning Center, Learner-Cemterted Classroom, Teleconferencing, Web-Based Training dan lain-lain.

CAI (Computer Assistance Intruction) merupakan salah satu dari penerapan ICT terhadap sistem pendidikan, khususnya dalam mempermudah penyelengaraan kegiatan belajar-mengajar. Melalui CAI ini para guru senantiasa dapat memastikan keikutsertaanya dalam melakukan bimbingan terhadap kegiatan belajar siswa baik dirumah atau dikelas dalam konteks pemberian materi pelajaran tingkat lanjut dari pemaparan yang ada dikelas.

Para murid yang terkondisikan untuk lebih antusias terhadap materi pembelajaran melalui CAI dapat dengan mudah dan realeks dalam memperdalam maupun melakukan pengulangan pembahasan materi yang ada.

Selain hal diatas dengan keberadaan CAI yang dapat dijadikan andalan sebagai asisten pembelajaran dapat diseting dengan konten yang lebih memediasi skill dan kemampuan motorik (penerapan materi pembelajaran) selain pemahaman akan materi pelajaran yang diajarkan.

Sistem Informasi

Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu (FitzGerald 1981) dalam Jogiyanto (1989). Menurut Steven Alter ( Prentice Hall, 2002). Sistem adalah Group of components such us functions, objects procedures, etc, which interact one to another to gain predefined common goals. Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manejerial dan kegiatan strategis dari suatu organisasi dan menyediakan bagi pihak luar tertentu dengan laporan-laporan (Davis 1983) dalam Jogiyanto (1989). Menurut Steven Alter ( Prentice Hall, 2002) Sistem informasi adalah is a work system whose business process is devoted to capturing, transmitting, storing, retrieving, manipulating, and displaying information, thereby supporting another work system.

Komponen sistem informasi secara umum ialah:

· Sumber daya manusia yang diperlukan untuk menoperasikan sistem, pembuat dan pengembang serta pemakai itu sendiri.

· Perangkat keras yang meliputi seluruh peralatan dan bahan yang dipakai dalam proses informasi, yaitu meliputi mesin, data dan media.

· Perangkat lunak yaitu sumber informasi berupa data numerik baik angka maupun abjad, data teks berupa kalimat dan paragraf, data gambar atau grafik, dan audio. Software sebagai alat pengembangan sistem termasuk juga kedalam kategori ini, seperti OS, Office, Software Engginering, Sistem Cerdas dan lain-lain.

Menurut John Bruch dan Gray Grudnitski, komponen sistem informasi yaitu terdiri dari komponen-komponen yang disebutnya dengan istilah blok bangunan (building block), yaitu blok masukan (input block), blok model (model block), blok keluaran (output block), blok teknologi (technology block), blok basis data (database block) dan blok kendali (control block).

komp_sis.jpg

Menurut Gray B Shely, Thomas J, Chasman, etc. menyatakan bahwa komponen sistem terdiri dari lima komponen yaitu people, procedure, hardware, software and files.

komp_sis2.jpg

Media Pembelajaran

· Media adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan

· Pembelajaran adalah sebuah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar, dan bahan ajar.

· Media Pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran.

Adapun kriteria penilaian keefektifan media pembelajaran interaktif (Thon,, 1995), yaitu Kemudahan navigasi, Kandungan kognisi, Pengetahuan dan presentasi informasi, Integrasi media, Estetika, dan Fungsi secara keseluruhan.

CAI (Computer Assistance Intruction)

CAI (Computer Assistance Intruction) adalah semua materi atau aktivitas pembelajaran yang disajikan melalui komputer. Klasifikasi CAI ialah tutorial, drill and practice, simulasi, dan game intruksional.

Kelebihan CAI:

· Meningkatkan interaksi

· Individualisasi

· Kelebihan secara administratif dan biaya

· Motivasi

· Umpan balik yang bersifat segera dan cepat

· Mudah menyimpan data

· Integritas pembelajaran

· Kendali siswa

Kekurangan CAI:

· Perangkat keras (hardware) yang mahal

· Kesulitan untuk mereview materi

· Bergantung pada kemampuan membaca dan visual grafik yang tidak realistik

· Butuh keterampilan penegembangan tambahan

· Waktu pengembangan yang lama

· Terbatasnya belajar insidental

· Persepsi hanya dari input yang telah terprogram

Karekteristik CAI yang efektif:

· Berdasarkan tujuan pembelajaran

· Sesuai dengan karakteristik siswa

· Memaksimalkan interaksi

· Individualisasi

· Mempertahankan minat siswa

· Pendekatan kepada siswa secara positif

· Menyediakan bermacam-macam umpan balik

· Sesuai dengan lingkungan pembelajaran

· Mengevaluasi kinerja yang tepat

· Menggunakan komputer dengan bijak

· Berdasarkan pada prinsip disain intruksional

· Telah dievaluasi secara mendalam

Di bawah ini, saya akan perlihatkan salah satu Story Board Media Pembelajaran Sederhana yang berbasiskan CAI.

Identitas

Tema

Symbol

Nama Proyek : CAI for Student

Media Proyek : Komputer

Content : Mata pelajaran TIK Tingkat Satuan Pendidikan 10 atau 11

Web Design for Begginers

* T : Teks

* S : Sound Track

* G : Gambar

* A : Animasi

* V: Video

Story Board

Symbol

Pandangan

Cover :

* T1: Judul

* T2: Ucapan Selamat Datang atau Gambaran dari Tema

* T3: Identitas Personal atau Instansi

* G1: Gambar Cover

* B1: Button OK

* S1: Sound track 1

Run cover, T1, T2 dan T3 muncul berturut-turut.

Delay 50 s button next muncul.

Sound track 1 stop jika button OK dimouse down.

Default body:

width=640 height=540

Daftar Isi :

strboard2.jpg

* B2: Button Next Chapter

* S2 : Sound track 2

* T4 : Header Table of Content

* T5: List Table of Content

Sistematika materi pembalajaran disajikan lewat table isi yang hyperlink per list-content secara random chapter.

Default sequence

Content melalui button next chapter.

Default sound track 2, option on atau off/mute.

Isi :

strboard3.jpg

* T6 : Judul Content

* T7.1 : Content Materi

* S2 : Sound track 2

* B2 : Button Next Chapter

* B3 : Button Previous Chapter

* B4 : Button Back to Table of Content

* A1 : Animasi Jaringan

* B5 : Button to Example

Materi (T7.1).

Animasi Jaringan (A1) default ada, delay 20 s T7.1 tampil.

Default dynamic Content melalui button next chapter, previous chapter maupun back to table of content (daftar isi).

Button B5 digunakan untuk menuju contoh yang relevan dengan materi yang bersangkutan

Daftar Contoh :

strboard4.jpg

* B2: Button Next Chapter

* B3 : Button Previous Chapter

* B4 : Button Back to Table of Content

* S3 : Sound track 3

* T8 : Header Table of Example

* T9: List Table of Example

* B6 : Button to Evaluated

Sistematika contoh materi pembalajaran disajikan lewat table daftar contoh yang hyperlink per list-content secara random chapter.

Default sound track 3, option on atau off/mute.

Default dynamic Content melalui button next chapter, previous chapter maupun back to Table of Example (daftar contoh).

Contoh :

strboard5.jpg

* T6 : Judul Content

* T10.1: Contoh Struktur Dokumen HTML

* V1.1 : Video Browse Struktur Dokumen HTML

* S2 : Sound track 2

* B2 : Button Next Chapter

B5 : Button Back to Table of Example

T10.1 default tampil, delay 20 s V1.1 tampil.

Default dynamic Content melalui button next chapter maupun back to Table of Example (daftar contoh).

Evaluasi :

strboard6.jpg

* T6 : Judul Content

* T11 : Isi Soal

* S2 : Sound track 2

* T12 : Answer Choice 1

* T13 : Answer Choice 2

* T14 : Answer Choice 3

* T15 : Answer Choice 4

* T16 : Answer Choice 5

* A,B,C,D,E : Button Choice

Lembar soal evaluasi ini berisi 10 pertanyaan yang penyajiannya 1 soal per Chapter.

Default dynamic Content melalui button A,B,C,D dan E yang link ke chapter soal berikutnya.

Evaluasi :

strboard7.jpg

* T6 : Judul Content

* T17 : Skor

* S2 : Sound track 2

* B5 : Button Back to Table of Example

Hasil dari sejumlah jawaban yang dipilih (T/F) disajikan melalui Chapter ini.

Default dynamic Content melalui button back to Table of Example (daftar contoh).

Kepustakaan & Biografi :

strboard8.jpg

* T10 : Kepustakaan

* T11 : Biografi Penulis Materi Pembelajaran

* G3: merupakan .gif/.jpeg dari foto pemateri

* B2 : Button Next Chapter

* B3 : Button Previous Chapter

B4 : Button Back to Table of Content

Kepustakaan materi dapat berupa hyperlink ke situs terkait maupun hanya sebatas informasi dari sumber buku ataupun karya ilmiah terkait.

Biografi berisikan informasi mengenai penulis dari materi (dalam konteks ini penulis sekaligus pembuat media pembelajaran), hal ini bersifat optional artinya ada jika dianggap perlu.

Penutup :

strboard9.jpg

* T12 : Ucapan Terima Kasih atau Kata-kata Penutup

* G4 : Gambar Penutup

* B3 : Button Previous Chapter

* B4 : Button Back to Table of Content

* B6 : Button Exit

Referensi

Jogiyanto. 1989. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Andi Yogyakarta.

UPI. 2007. Seminar Nasional ICT for Education. JICA FPMIPA, Bandung.

Wahyudin. MT, Asep. Dasar SI – Sistem Informasi Pendidikan. ILKOM-FPMIPA, Bandung.

2 Responses

  1. thank bos informasi tentang cai nya…lumayan buat tambahan skripsi

  2. saya pengen lebih tau banyak buku-buku yang menjelaskan tentang CAI dan ICT itu sendiri. saya kurang info
    TRIMS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: