Netbeans ??? Apaan tuch!!

Menurut pengakuan dari www.netbeans.org bahwa NetBeans merupakan sebuah proyek kode terbuka yang sukses dengan pengguna yang sangat luas, komunitas yang terus tumbuh. Sun Microsystems mendirikan proyek kode terbuka NetBeans pada bulan Juni 2000 dan terus menjadi sponsor utama. Saat ini terdapat dua produk : NetBeans IDE dan NetBeans Platform.

NetBeans IDE adalah sebuah lingkungan pengembangan (perkakas) untuk programer dalam menulis, mengompilasi, mencari kesalahan dan menyebarkan program. Netbeans IDE ditulis dalam Java dan dapat mendukung bahasa pemrograman lain. Terdapat banyak modul untuk memperluas Netbeans IDE. Netbeans IDE adalah sebuah produk bebas dengan tanpa batasan bagaimana digunakan.

Sedangkan NetBeans Platform merupakan sebuah fondasi modular yang dapat digunakan sebagai perangkat lunak dasar untuk membuat aplikasi desktop yang besar. Mitra ISV menyediakan plug-in bernilai tambah yang dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam Platform dan dapat juga digunakan untuk membuat perkakas dan solusi sendiri.

Kedua produk adalah kode terbuka (open source) dan bebas (free) untuk penggunaan komersial dan non komersial. Kode sumber tersedia untuk guna ulang dengan lisensi Common Development and Distribution License (CDDL).

Memulai NeatBeans IDE

Untuk memulai menggunakan NetBeans sebagai perkakas pengembangan bahasa pemograman berbasiskan Java, ada beberapa hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu:

1. Ungguh The J2SE(TM) Development Kit (JDK), version 5.0 or compatible (download the most recent JDK).

2. Ungguh NetBeans IDE 6.0, versi terbaru (download).

Asumsi bahwa anda telah memiliki persyaratan diatas beserta installisasinya di PC anda maka untuk membuat projek pertama NetBeans IDE langkah-langkah yang harus anda lakukan ialah:

1. Start NetBeans IDE, bisa melalui Menu Start Dekstop maupun Shortcut dari NetBeans IDE.

2. Di dalam IDE, pilih File > New Project atau Ctrl+Shift+N maka akan ada tampilan seperti berikut:

3. Di dalam kotak dialog New Project, pada kolom Java Category pilihlah Java Application sebagaimana gambar berikut, lalu klik Next:

4. Pada kotak dialog New Java Application, lakukan hal-hal berikut:

  • Dalam textbox Project Name, isikan HalloDunia
  • Biarkan checklist Set as Main Project dalam keadaan terpilih
  • Biarkan checklist Main Class terpilih dan ubahlah hallodunia.Main menjadi helloworldapp.HalloDunia

5. Klik Finish jika dianggap selesai atau Cancel untuk membatalkannya.

Ketika tombol Finish di klik, maka kita sekarang telah memiliki sebuah projek dengan nama HalloDunia yang terbuka di dalam IDE. Sebagaimana kita amati bersama, terdapat beberapa komponen IDE yang berhubungan langsung dengan projek diantaranya:

  • Jendela Project, merupakan struktur pohon untuk melihat komponen-komponen projek yang di dalamnya terdiri dari source files, libraries dan icon source code milik kita
  • Jendela Source Editor, yaitu tempat dimana penulisan kode program berada yang akan kita gunakan dalam membuat suatu program aplikasi.
  • The Navigator window, which you can use to quickly navigate between elements within the selected class.
  • Jendela Navigator, merupakan suatu navigasi yang mempermudahkan kita untuk melihat beberapa element yang dimiliki oleh suatu kelas yang aktif.

Karena sebelumnya kita mencheklist pilihan pada Checbox Create Main Class, maka secara otomatis IDE akan menyiapkan dokumentasi kode seperti yang nampak pada gambar di atas. Agar kita dapat membuat sebuah aplikasi pengenalan pada IDE NetBeans ketikan “Hallo Dunia, Selamat Datang Di Era JAVA!” pada bagian berikut:

// TODO code application logic here

Menjadi

System.out.println(“Hallo Dunia, Selamat Datang Di Era JAVA!”);

Secara lengkap koding yang dimaksud yaitu:

/*

* HalloDunia.java

*

* Dibuat pada tanggal 16 April 2008.

*

* To change this template, choose Tools | Templates

* and open the template in the editor.

*/

package hallodunia;

/**

*

* @author Andri Indrawan

*/

public class HalloDunia {

/**

*

* @param args merupakan baris perintah dari argument

*/

public static void main(String[] args){

System.out.println(“Hallo Dunia, Selamat Datang Di Era JAVA!”);

}

}

Setelah koding dianggap cukup maka simpanlah file tersebut dengan memilih File > Save. File kelas HalloDunia akan tersimpan secara default ditempat Project Location dan Folder sewaktu kita menyetting pembuatan aplikasi Java yang baru.

Kompilasi

Program HalloDunia tidak akan menjadi apa-apa jikalau kita tidak berupaya agar program buatan kita dapat dimengerti dan dijalankan oleh mesin PC kita. File .java untuk dapat dimegerti oleh mesin terlebih dahulu di compile oleh JVM (Java Virtual Machine) sehingga menjadi bahasa intermediate bytecode java sebelum di intrepreter –kan ke dalam bahasa bytecode agar dapat dimengerti oleh mesin.

Adapun cara untuk mengkompilasi program HalloDunia.java dengan beberapa alternatif cara iala sebagai berikut:

§ Cara pertama melalui icon program HalloDunia.java (komponen) dalam jendela projek dengan Klik-Kanan > Compile File atau Tekan F9.

§ Kedua, melalui Menu Bar dengan memilih Build > Compile “HalloDunia.java” atau Tekan F9.

Maka pada jendela Output-Compile-Single yang terletak dibawah kanan jendela kerja akan tampil sebagai berikut:

Tanda BUILD SUCCESSFUL, menandakan bahwa program HalloDunia.java telah berhasil di kompilasi.

Menjalankan Program

Setelah program HalloDunia.class terbentuk (otomatis ketika kita melakukan kompilasi) maka program siap untuk di eksekusi. Untuk menjalankan program kita tinggal mengklik icon berikut :

Pada baris menu standar atau melalui bari menu dengan memilih Run > Run Main Project atau Tekan F6.

Sehingga pada jendela Output akan tampil sebagi berikut:

Untuk menguli running program HalloDunia kembali, dapat kita lakukan langsung pada jendela Output-Run dengan mengklik icon berikut:

Selain melakukan running program secara permodule/ perproject, jika dalam suatu projek kita memiliki satu atau lebih file.java (misal file HalloDunia.java, HalloDunia2.java, dll) maka kita dapat menjalankan program per file (tentunya setelah di kompilasi masing-masing program).

Untuk projek HalloDunia diatas hanya terdapat satu file, sekedar untuk menunjukan saja, kita akan mencoba untuk menjalankan HalloDunia.java sebagai satuan file bukan sebagai main dari projek.

Untuk menjalankan program per file, maka kita pilih Run > Run File > Run “HalloDunia.java” atau Tekan Shift+F6 :

Selain cara diatas, dapat juga kita mengklik kanan icon projek HalloDunia.java di dalam Jendela Projek, pilih Run File :

Maka hasil outputnya akan tampak sebagai berikut :

Perhatikan untuk jendela output kali ini, judul jendela output yang dimiliki bernama “Output-HalloDunia(run-single)” sedangkan pada pembahasan sebelumnya untuk running program secara per projek, judul jendela output bernama “Output-HalloDunia(run)”.

Yah, seperti itulah memulai Java melalui NetBeans IDE untuk tahap pengenalan. Masih banyak hal yang dapat kita lakukan memalui NetBeans ini, baik itu kemudahan dalam editing dan conding melalui berbagai teknik, debuging, testing dan lain-lain serta melakukan pemodelan (UML) baik yang bersifat independent ataupun berbasiskan kode Java.

3 Responses

  1. “Untuk memulai menggunakan NetBeans sebagai perkakas pengembangan bahasa pemograman berbasiskan Java, ada beberapa hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu:
    1. Ungguh The J2SE(TM) Development Kit (JDK), version 5.0 or compatible (download the most recent JDK).
    2. Ungguh NetBeans IDE 6.0, versi terbaru (download).”

    Ada yang lebih mudah (tapi lama), pesen dvd nya😀

    hai andri, damang?

    btw ndri, apal teu cara koneksi java (di netbeans) ke openOffice.org Base?
    yu ah nuhun

  2. begini kang seil, untuk openOffice, saya bukan lah pengguna dan pengembang itu. namun untuk pertimbangan pengetahuan dan skill, sebenarnya saya pun tertarik akan hal itu.

    saya ada bebarapa tautan dibawah ini, yang saya harap dapat kita gunakan bersama-sama untuk menjawab pertanyaan kang seil diatas. pertanyaanya kurang lebih seperti ini dengan kata lainnya ” Bagaiman Integrasi openOffice dengan Netbeans?”.

    http://www.netbeans.org/community/magazine/html/03/openoffice/
    http://blogs.sun.com/alexismp/entry/developing_openoffice_extensions_using_java
    http://user.services.openoffice.org/en/forum/viewtopic.php?f=44&t=1013#p3979
    http://wiki.services.openoffice.org/wiki/OpenOffice_NetBeans_Integration/Localization

    untuk saat ini kita coba bareng-bareng aja, mungkin jika sudah saatnya baik saya ataupun kang seil bisa mendistribusikan pemahamannya kepada yang lain. semoga bermanfaat ^_^

  3. giman cara dapatkan dvd secara gratis dari sun nya,
    low tau tolong kirimkan caranya ke email sy tdi_setiawan@yahoo.com ok di tunggu…………!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: