Perancangan dan Implementasi Learning Management System (LMS)

Perkembangan Teknologi yang begitu cepat dan semakin mendesaknya kebutuhan akan akses informasi yang nolimit (tidak terbatas ruang) merupakan suatu kemestian untuk mulai diadakannya alternatif solusi dalam penyelenggaraan segala aspek kegiatan pemenuhan kebutuhan umat manusia, khususnya dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran atau pendidikan pada umumnya.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pendidikan merupakan salah satu faktor penting penyokong keberadaan dan kemajuan suatu bangsa, tidak terkecuali bangsa Indonesia. Permasalahan pendidikan di Indonesia yang berkutat di dalam peningkatan dan pemerataan akses pendidikan merupakan suatu resiko dinamika yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, baik sebagai pengkhidmatan dan pelaksanaan dari konstitusi negara maupun sebagai upaya untuk tetap eksis dan survive di dalam kancah kehidupan berbangsa dan bernegara di dunia.

Penyelenggaraan pendidikan yang bersifat konvensional untuk saat ini, khususnya dalam penyelenggaraan pembelajaran merupakan suatu upaya yang kurang progress dengan perkembangan tuntutan dan kebutuhan masyarakat yang notabenenya sudah mulai dapat membuka mata akan pentingnya efesiensi dalam melakukan akses pembelajaran atau pendidikan.

Pembelajaran jarak jauh atau dapat dikatakan sebagai e-lerning yang merupakan bagian dari sistem manajemen pembelajaran merupakan suatu konsekuensi logis akan keberadaanya untuk dapat menjawab kebutuhan diatas. Konsep dan mekanisme belajar mengajar dalam pendidikan berbasis ICT yang dituangkan melalui e-Learning ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi dan sistemnya. Implementasi e-learning ini dapat dan mulai diterapkan baik oleh lembaga-lembaga pendidikan di tingkat sekolah, perguruan tinggi dan kursus maupun di tingkat industri atau bisnis, seperti Cisco System, IBM, HP, Oracle, Sun Microsystem, Microsoft, dll.

MOODLE singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. Moodle adalah salah satu e-learning platform atau Course Management System (CMS) yang dapat digunakan secara gratis dan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan karena source code nya tersedia (open source).

Moodle telah teruji di berbagai instutisi di banyak negara, situs resmi Moodle di: www.moodle.org. Sampai saat ini Moodle digunakan lebih dari 400.000 situs pada 193 negara dan telah diterjemahkan ke dalam 75 bahasa.

6 Responses

  1. beuh….
    aya blog maneh di google…

    saya sangat kamgum sekali sama anda kawan..

    lisensi ituh dottxt.

    ka situs urang atuh.
    http://www.kihadjartheywanttorock.com

  2. yang terpenting dari elearning sebenarnya adalah memberikan pemahaman kepada pemakai (user) dan penyedia konten (teacher, ect) tentang begitu pentingnya keberadaan sistem elearning,disini mereka harus dibuka cara berpikirnya mengapa mereka harus menjadi bagian dari sistem, keterkaitan antara user dan penyedia konten (teacher, instruktur, etc) menjadi sangat penting karena keduanya merupakan subjek utama dari sistem elearning itu sendiri…kebanyakan kasus selama ini : sistem sudah dibuat (entah itu pake Moodle, Dokeos, dll), investasi sudah dikeluarkan, tapi ngga berjalan dengan baik karena tidak adanya awareness yang baik dari user (bisa dibatasi dr satu instansi tertentu) dan juga dari penyedia konten…:)

    hehe, ikut nimbrung ndri…
    nice blog…:D

  3. moodle mmg terbukti bagus.. sayer pun guner moodle untuk projek akhir saya….

  4. om..sepertinya yang jadi kendala di indonesia adalah masalah pengisi konten dan konten itu sendiri..
    mampir balik om

    • kayaknya emang gitu lis… kayak blog ini aja contohnya… males… update contentnya… hehehe

  5. bangga anda, akan lebih baiknya jika kita sendiri yang membangun LMS, dari pada hanya menggunakannya

    call pucuk-staff

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: