Dowlaoad Buku Pelajaran Elektronik (BSE)

Permasalahan pendidikan bangsa ini, mulai dari peningkatan kualitas, pemerataan akses dan pemberdayaan sumber daya manusia senantiasa dijadikan suatu kekhawatiran yang menyeluruh terhadap nasib dan masa depan bangsai ini, kenapa tidak? karena melalui pendidikan lah maka bangsa itu dapat menyadari dan menjalankan tugas, fungsi dan perannya sebagai suatu bangsa dan negara di dunia ini.

http://mirror.itb.ac.id/bse/pdf/

Dari sedemikian rumit dan banyaknya permasalahan dalam dunia pendidikan bangsa kita, ada sedikit angin segar yang ditunjukan dari inisiatif dari kinerja Departemen Pendidikan Nasional kita, yaitu mengadakan progaram Buku Pelajaran Elektronik. Program ini ditunjukan untuk mengurangi biaya yang mesti dikeluarkan peserta didik dalam membeli buku cetak sebagai pegangan di sekolah dengan mendowlaod buku pelajaran elektronik ini.

Namun, ada kendala tentunya. Buku Pelajaran Elektronik ini, paling mungkin untuk mudah digunakan bagi mereka para peserta didik yang memiliki komputer atau laptop, artinya ia sebenarnya tergolong cukup mampu begitu juga jika ia hanya di download memalui warung internet dan di print. Lalu bagaimana bagi peserta didik yang memang tidak mempunyai komputer/ laptop dan biaya untuk ke warnet dan meng-print???

Tentunya peran serta masyarakat disini diperlukan, sebagai contoh:

“Rini seorang siswi yang mampu, ia memiliki komputer dan sudah mendownload Buku Pelajaran yang dimaksud dan sudah mencetaknya menjadi sebuah draf buku, dengan inisiatif dirinya dan arahan dari gurunya ia mengajak dan mengkoordinir sebagian teman-temannya yang tidak mampu untuk dapat menggandakan buku pelajaran elektronik itu melalui jasa layanan photo copy (toh, memang buku pelajaran elektronik tersebut disengaja oleh pemerintah untuk dapat mudah diakses secara masal dan gratis oleh masyarakat yang dijamin ke absahannya!), maka biaya untuk mendapatkan buku dapat ditekan. Apalagi jikalau ada seorang dermawan yang memang dengan cuma-cuma mensedekahkan uangnya melalui memperbanyak copy-an dari buku pelajaran elektronik tersebut maka itu lebih baik”.

Masih banyak hal-hal lain yang dapat kita mulai untuk dapat mengembangkan maksud baik dari pemerintah tersebut. sebagai contoh yang dilakukan oleh ITB dengan membuat mirror untuk dapat mendowload buku pelajaran elektronik tersebut secara publik, dan dimana saya mencoba untuk mensosialisasikannya melalui blog pribadi ini dengan mengikutsertkan tautan/links yang dapat diakses langsung ke :

http://mirror.itb.ac.id/bse/pdf/

2 Responses

  1. bagus

  2. Berkunjung dan baca infonya, mudah-mudahan bermanfaat bagi banyak orang, sukses ya.
    I Like Relationship.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: