Problematika dunia pendidikan saat ini masih berkutat diantara pemerataan dan peningkatan akan akses pendidikan bagi khalayak banyak. Dewasa ini ramai masyarakat dunia mulai menerapakan ICT (Information and Communication of Teknologi) kedalam segala sektor kehidupan secara integral, Indonesia sebagai bagian dari masyrakat dunia ikut secara aktif akan perkembangan itu hal ini dapat kita lihat dengan dimulainya beberapa sektor kehidupan bangsa yang mulai memanfaatkan keberadaan ICT khususnya sektor pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu sektor yang menunjang pembangunan bangsa, melalui pendidikanlah ketercapaian akan kecerdasan kehidupan bangsa dapat dilakukan.
Sekolah merupakan salah satu organisasi pendidikan formal yang senantiasa melaksanakan pembelajaran atau sering disebut juga sebagai KBM (Kegiatan Belajar-Mengajar). Untuk peningkatan kualitas pendidikan dan akses terhadapnya salah satu strategi yang mulai dilakukan ialah dengan diadakannya sistem pembelajaran yang memanfaatkan ICT, baik itu e-Learning, Distance Learning, Distance Education, Computer Based Training, Computer Assistance Intruction, Computer Based Intruction, Cybernetic Learning Environment, Desktop Videoconferencing, Integrated Learning Center, Learner-Cemterted Classroom, Teleconferencing, Web-Based Training dan lain-lain.
CAI (Computer Assistance Intruction) merupakan salah satu dari penerapan ICT terhadap sistem pendidikan, khususnya dalam mempermudah penyelengaraan kegiatan belajar-mengajar. Melalui CAI ini para guru senantiasa dapat memastikan keikutsertaanya dalam melakukan bimbingan terhadap kegiatan belajar siswa baik dirumah atau dikelas dalam konteks pemberian materi pelajaran tingkat lanjut dari pemaparan yang ada dikelas.
Para murid yang terkondisikan untuk lebih antusias terhadap materi pembelajaran melalui CAI dapat dengan mudah dan realeks dalam memperdalam maupun melakukan pengulangan pembahasan materi yang ada.
Selain hal diatas dengan keberadaan CAI yang dapat dijadikan andalan sebagai asisten pembelajaran dapat diseting dengan konten yang lebih memediasi skill dan kemampuan motorik (penerapan materi pembelajaran) selain pemahaman akan materi pelajaran yang diajarkan.
Sistem Informasi
Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu (FitzGerald 1981) dalam Jogiyanto (1989). Menurut Steven Alter ( Prentice Hall, 2002). Sistem adalah Group of components such us functions, objects procedures, etc, which interact one to another to gain predefined common goals. Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manejerial dan kegiatan strategis dari suatu organisasi dan menyediakan bagi pihak luar tertentu dengan laporan-laporan (Davis 1983) dalam Jogiyanto (1989). Menurut Steven Alter ( Prentice Hall, 2002) Sistem informasi adalah is a work system whose business process is devoted to capturing, transmitting, storing, retrieving, manipulating, and displaying information, thereby supporting another work system.
Komponen sistem informasi secara umum ialah:
· Sumber daya manusia yang diperlukan untuk menoperasikan sistem, pembuat dan pengembang serta pemakai itu sendiri.
· Perangkat keras yang meliputi seluruh peralatan dan bahan yang dipakai dalam proses informasi, yaitu meliputi mesin, data dan media.
· Perangkat lunak yaitu sumber informasi berupa data numerik baik angka maupun abjad, data teks berupa kalimat dan paragraf, data gambar atau grafik, dan audio. Software sebagai alat pengembangan sistem termasuk juga kedalam kategori ini, seperti OS, Office, Software Engginering, Sistem Cerdas dan lain-lain.
Menurut John Bruch dan Gray Grudnitski, komponen sistem informasi yaitu terdiri dari komponen-komponen yang disebutnya dengan istilah blok bangunan (building block), yaitu blok masukan (input block), blok model (model block), blok keluaran (output block), blok teknologi (technology block), blok basis data (database block) dan blok kendali (control block).
Menurut Gray B Shely, Thomas J, Chasman, etc. menyatakan bahwa komponen sistem terdiri dari lima komponen yaitu people, procedure, hardware, software and files.
Media Pembelajaran
· Media adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan
· Pembelajaran adalah sebuah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar, dan bahan ajar.
· Media Pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran.
Adapun kriteria penilaian keefektifan media pembelajaran interaktif (Thon,, 1995), yaitu Kemudahan navigasi, Kandungan kognisi, Pengetahuan dan presentasi informasi, Integrasi media, Estetika, dan Fungsi secara keseluruhan.
CAI (Computer Assistance Intruction)
CAI (Computer Assistance Intruction) adalah semua materi atau aktivitas pembelajaran yang disajikan melalui komputer. Klasifikasi CAI ialah tutorial, drill and practice, simulasi, dan game intruksional.
Kelebihan CAI:
· Meningkatkan interaksi
· Individualisasi
· Kelebihan secara administratif dan biaya
· Motivasi
· Umpan balik yang bersifat segera dan cepat
· Mudah menyimpan data
· Integritas pembelajaran
· Kendali siswa
Kekurangan CAI:
· Perangkat keras (hardware) yang mahal
· Kesulitan untuk mereview materi
· Bergantung pada kemampuan membaca dan visual grafik yang tidak realistik
· Butuh keterampilan penegembangan tambahan
· Waktu pengembangan yang lama
· Terbatasnya belajar insidental
· Persepsi hanya dari input yang telah terprogram
Karekteristik CAI yang efektif:
· Berdasarkan tujuan pembelajaran
· Sesuai dengan karakteristik siswa
· Memaksimalkan interaksi
· Individualisasi
· Mempertahankan minat siswa
· Pendekatan kepada siswa secara positif
· Menyediakan bermacam-macam umpan balik
· Sesuai dengan lingkungan pembelajaran
· Mengevaluasi kinerja yang tepat
· Menggunakan komputer dengan bijak
· Berdasarkan pada prinsip disain intruksional
· Telah dievaluasi secara mendalam
Di bawah ini, saya akan perlihatkan salah satu Story Board Media Pembelajaran Sederhana yang berbasiskan CAI.
Identitas |
Tema |
Symbol |
Nama Proyek : CAI for Student Media Proyek : Komputer Content : Mata pelajaran TIK Tingkat Satuan Pendidikan 10 atau 11
|
Web Design for Begginers |
T : Teks S : Sound Track G : Gambar A : Animasi V: Video
|
Story Board |
Symbol |
Pandangan |
Cover : |
T1: Judul T2: Ucapan Selamat Datang atau Gambaran dari Tema T3: Identitas Personal atau Instansi G1: Gambar Cover B1: Button OK S1: Sound track 1 |
Run cover, T1, T2 dan T3 muncul berturut-turut.
Delay 50 s button next muncul.
Sound track 1 stop jika button OK dimouse down.
Default body: width=640 height=540 |
Daftar Isi :
|
B2: Button Next Chapter S2 : Sound track 2 T4 : Header Table of Content T5: List Table of Content
|
Sistematika materi pembalajaran disajikan lewat table isi yang hyperlink per list-content secara random chapter.
Default sequence Content melalui button next chapter.
Default sound track 2, option on atau off/mute. |
Isi :
|
T6 : Judul Content T7.1 : Content Materi S2 : Sound track 2 B2 : Button Next Chapter B3 : Button Previous Chapter B4 : Button Back to Table of Content A1 : Animasi Jaringan B5 : Button to Example
|
Materi (T7.1).
Animasi Jaringan (A1) default ada, delay 20 s T7.1 tampil.
Default dynamic Content melalui button next chapter, previous chapter maupun back to table of content (daftar isi).
Button B5 digunakan untuk menuju contoh yang relevan dengan materi yang bersangkutan |
Daftar Contoh :
|
B2: Button Next Chapter B3 : Button Previous Chapter B4 : Button Back to Table of Content S3 : Sound track 3 T8 : Header Table of Example T9: List Table of Example B6 : Button to Evaluated
|
Sistematika contoh materi pembalajaran disajikan lewat table daftar contoh yang hyperlink per list-content secara random chapter.
Default sound track 3, option on atau off/mute.
Default dynamic Content melalui button next chapter, previous chapter maupun back to Table of Example (daftar contoh). |
Contoh :
|
T6 : Judul Content T10.1: Contoh Struktur Dokumen HTML V1.1 : Video Browse Struktur Dokumen HTML S2 : Sound track 2 B2 : Button Next Chapter B5 : Button Back to Table of Example |
T10.1 default tampil, delay 20 s V1.1 tampil.
Default dynamic Content melalui button next chapter maupun back to Table of Example (daftar contoh).
|
Evaluasi :
|
T6 : Judul Content T11 : Isi Soal S2 : Sound track 2 T12 : Answer Choice 1 T13 : Answer Choice 2 T14 : Answer Choice 3 T15 : Answer Choice 4 T16 : Answer Choice 5 A,B,C,D,E : Button Choice
|
Lembar soal evaluasi ini berisi 10 pertanyaan yang penyajiannya 1 soal per Chapter.
Default dynamic Content melalui button A,B,C,D dan E yang link ke chapter soal berikutnya. |
Evaluasi :
|
T6 : Judul Content T17 : Skor S2 : Sound track 2 B5 : Button Back to Table of Example |
Hasil dari sejumlah jawaban yang dipilih (T/F) disajikan melalui Chapter ini.
Default dynamic Content melalui button back to Table of Example (daftar contoh).
|
Kepustakaan & Biografi :
|
T10 : Kepustakaan T11 : Biografi Penulis Materi Pembelajaran G3: merupakan .gif/.jpeg dari foto pemateri B2 : Button Next Chapter B3 : Button Previous Chapter B4 : Button Back to Table of Content |
Kepustakaan materi dapat berupa hyperlink ke situs terkait maupun hanya sebatas informasi dari sumber buku ataupun karya ilmiah terkait.
Biografi berisikan informasi mengenai penulis dari materi (dalam konteks ini penulis sekaligus pembuat media pembelajaran), hal ini bersifat optional artinya ada jika dianggap perlu. |
Penutup : |
T12 : Ucapan Terima Kasih atau Kata-kata Penutup G4 : Gambar Penutup B3 : Button Previous Chapter B4 : Button Back to Table of Content B6 : Button Exit |
|
Referensi
Jogiyanto. 1989. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Andi Yogyakarta.
UPI. 2007. Seminar Nasional ICT for Education. JICA FPMIPA, Bandung.
Wahyudin. MT, Asep. Dasar SI – Sistem Informasi Pendidikan. ILKOM-FPMIPA, Bandung.
Filed under: Media,Komunikasi dan Pendidikan | Tagged: Komunikasi dan Pendidikan, Media, Media,Komunikasi dan Pendidikan |
thank bos informasi tentang cai nya…lumayan buat tambahan skripsi
saya pengen lebih tau banyak buku-buku yang menjelaskan tentang CAI dan ICT itu sendiri. saya kurang info
TRIMS